Jumat, 09 Agustus 2013



1.      Tugas dan Wewenang Pembina
Pasal 9
1)      Pembina berwenang bertindak untuk dan atas Pembina.
2)      Kewenangan Pembina meliputi :
a.       Keputusan mengenai perubahan Anggaran Dasar.
b.      Pengangkatan dan pemberhentian anggota Pengurus dan anggota Pengawas.
c.       Penetapan kebijakan umum Yayasan berdasarkan Anggaran Dasar Yayasan.
d.      Pengesahan program kerja dan rancangan anggaran tahunan Yayasan.
e.       Penetapan keputusan mengenai penggabungan atau pembubaran Yayasan.
f.       Pengesahan laporan tahunan.
g.      Penunjukan likuidator dalam hal yayasan dibubarkan.
3)      Dalam hal adanya seorang anggota Pembina, maka sebagai tugas dan wewenang yang diberikan kepada Ketua Pembina atau anggota Pembina berlaku pula baginya.

2.      Rapat Pembina
Pasal 10
1)      Rapat Pembina diadakan paling sedikit sekali dalam 1 tahun, paling lambat dalam waktu 5 bulan setelah akhir tahun buku sebagai rapat tahunan sebagai mana dimaksud dalam pasal 12. Pembina dapat pula mengadakan rapat setiap waktu bila dianggap perlu atas permintaan tertulis dari seorang atau lebih anggota Pembina, anggota Pengurus atau anggota Pengawas.
2)      Panggilan Rapat Pembina dilakukan oleh Pembina secara langsung, atau melalui surat dengan mendapat tanda terima paling lambat 7 hari sebelum rapat diadakan dengan tidak memperhitungkan tanggal panggilan dan tanggal rapat.
3)      Panggilan rapat itu harus mencantumkan hari, tanggal waktu, tempat dan acara rapat.
4)      Rapat Pembina diadakan ditempat kedudukan Yayasan atau di tempat kegiatan Yayasan, atau ditempat lain dalam wilayah hukum Republik Indonesia.
5)      Dalam hal anggota Pembina hadir, atau diwakili, panggilan tersebut tidak disyaratkan dan Rapat pembina dapat diadakan dimanapun juga dan berhak mengambil keputusan yang sah dan mengikat.
6)      Rapat Pembina dipimpin oleh Ketua Pembina, dan jika ketua Pembina tidak hadir atau berhalangan, maka rapat pembina akan dipimpin oleh seorang yang dipilih oleh dan dari anggota Pembina yang hadir.
7)      Seorang anggota Pembina hanya dapat diwakili oleh anggota Pembina lainnya dalam Rapat Pembina berdasarkan Surat Kuasa.
Pasal 11
1)      Rapat Pembina adalah sah dan berhak mengambil keputusan yang mengikat apabila :
a.       Dihadiri paling sedikit 2/3 dari jumlah anggota Pembina.
b.      Dalam hal korum sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 huruf a tidak tercapai, maka dapat diadakan pemanggilan Rapat Pembina kedua.
c.       Pemanggilan sebagaimana yang dimaksud dalam ayat 1 huruf b, harus dilakukan paling lambat 7 hari sebelum rapat diselenggarakan, dengan tidak memperhitungkan tanggal panggilan dan tanggal rapat.
d.      Rapat Pembina kedua diselenggarakan paling cepat 10 hari dan paling lambat 21 hari terhitung sejak Rapat Pembina pertama.
e.       Rapat Pembina kedua adalah sah dan berhak mengambil keputusan yang mengikat, apabila dihadiri lebih dari ½ jumlah anggota Pembina.
2)      Keputusan Rapat Pembina diambil berdasarkan musyawarah untuk mufakat.
3)      Dalam hal keputusan secara musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, maka keputusan diambil dengan pemungutan suara berdasarkan suara setuju lebih dari ½ jumlah suara yang sah.
4)      Dalam hal suara setuju dan tidak setuju sama banyaknya, maka usul ditolak.
5)      Tata cara pemungutan suara dilakukan sebagai berikut :
a.       Setiap anggota Pembina yang hadir berhak mengeluarkan satu suara dan satu suara tambahan untuk setiap anggota Pembina lain yang diwakilinya.
b.      Pemunguta suara mengenai diri orang dilakukan dengan surat tertutup tanpa tanda tangan, sedangkan pemungutan suara mengenai hal lain dilakukan secara terbuka dan ditanda tangani, kecuali Ketua Rapat menentukan lain dan tidak ada keberatan dari yang hadir.
c.       Suara yang abstain dan suara yang tidak sah tidak dihitung dalam menentukan jumlah suara yang dikeluarkan.
6)      Setiap Rapat Pembina dibuat berita acara rapat yang ditanda – tangani oleh ketua rapat dan sekretaris rapat.
7)      Penanda tanganan sebagaimana dimaksud dalam ayat 6  tidak disyaratkan apabila Berita Acara Rapat dibuat dengan akta notaris.
8)      Pembina dapat pula mengambil keputusan yang sah dan mengikat tanpa mengadakan Rapat Pembina, dengan ketetuan semua anggota Pembina telah diberitahu dan semua anggota Pembina memberikan persetujuan mengenai usulan yang diajukan secara tertulis serta menandatangani persetujuan tersebut.
9)      Keputusan yang diambil sebagaimana dimaksud dalam ayat 8 mempunyai kekuatan yang sama dengan keputusan yang diambil dengan sah dalam Rapat Pembina.
10)  Dalam hal hanya ada satu orang Pembina, maka dia dapat mengambil keputusan yang sah dan mengikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar